Minggu, 24 November 2013

Metode Riset Bisnis



BAB 1

Pendahuluan


               1.1 Latar Belakang


                                Sebagai mana di ketahui persaingan di dunia usaha sangan sengit, hingga perusahaa-perusahaan harus berfikir pintar untuk menguasai pasar, oleh karna target pemasaran sangat berperan penting dalam keberhasilan perusahaan. Karna dengan adanya target maka perusahaan dapat berjalan dengan konsisten.
            Suatu prodak tidak akan dilirik apa bila bentuk dan kegunaan prodak itu selalu sama dari tahun ke tahun. Dengan membuat prodak yang sesuai kebutuhan dan kegunaan masing-masing, karna setiap konsumen pasti membutuhkan prodak yang sesuai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Oleh karna itu telah menjadi keharusan untuk perusahaan agar dapat membuat prodak semenarik mungkin.
            Dalam menjalankan prodak yang sesuai dengan keinginan konsumen dan baik di mata konsumen maka perusahaan dapat mereapkan posting ke konsumen, seperti meletakan kuisioner atau langsung terjun ke pasar yang di mana kemungkinan banyak konsumen. Dengan cara demikian maka perusahaan dapat segerah tau apa yang di inginkan konsumen.
            PT Dwi Buana Jaya adalah perusahaan yang menjual alat-alat berat seprti traktor kontener dan sebagainya. Di mana perusahaan ini menjual alat-alat berat yang banyak akan pilihan dan hanya orang-orang atau bahkan perusahaan-perusahaan tertentu yang melirik prodak tersebut. Berdasarkan dengan latar belakang di atas, untuk mengetahui target pasar dan kegiatan apa saja yang di lakukan PT Dwi Buana Jaya agar dapat menarik konsumen, maka dalam penulisan Laporan Kerja Praktek (LKP) ini saya mengambil judul “TARGET PASAR PRODAK ALAT BERAT PT DWI BUANA JAYA”.


 1.2 Materi Kerja Praktek

             Materi kerja praktek yang di lakukan oleh praktikan selama melakukan kerja praktek di PT Dwi Buana Jaya adalah mengidentifikasi target pemasaran produk PT Dwi Buana Jaya.



1.3 Tujuan Dan Manfaat Kerja Praktek

      1.3.1 Tujuan kerja praktek

·        Untuk mengetahui dan menganalisi target pasar pada PT Dwi Buana Jaya.
·        Untuk mengetahui adanya hambatan dalam memasarkan prodak PT Dwi Buana Jaya.
·        Dan untuk mengetahui strategi apa saja yang telah di lakukan PT Dwi Buana Jaya.

               1.3.2 Manfaat Kerja Praktek


·         Untuk mengetahui lebih dalam kegiatan-kegiatan perusahaan dalam melakukan pemasaran.
·         Untuk mengetahui sikap yang di lakukan prusahaan dalam membuat prodak lebih menarik.
·         Untuk menambah pengalaman kerja.




BAB 2

TEMPAT KERJA PRAKTIK


      2.1 Gambaran Umum Institusi

            PT Dwi Buana Jaya didirikan pada tahun 2008 dan menjadi perusahaan pembuat peralatan transportasi. PT Dwi buana Jaya berdomisili di Jakarta Utara dekat dengan pelabuhan Tanjung Priok. Tepatnya di JL. Pontianak gedung KSO No. 01 Lt .2, KBN Marunda Cilincing Jakarta Utara. Serta memiliki workshop Jl. Gusti Ngurah Rai No. 08, Bintara bekasi.
            PT Dwi Buana Jaya menyediakan berbagai macam produk standar dan produk sesuai permintaan untuk berbagai bidang perusahaan, seperti : Logistik, Transportasi Mining Oil dan Gas. PT Dwi Buana Jaya memiliki kebanggan tersendiri karena dapatr memberikan produk berkualitas dengan harga bersaing. PT Dwi Buana Jaya selalu memakai raw material yang berkualitas dalam pekerjaan khusus dan fokus pada perbaikan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
            Banyak perusahaan yang sudah bekerja sama dengan PT Dwi Buana Jaya, antara lain seperti: Embassy United States (US), Slickbar (Jakarta), PT Cirebon Power Electric (Cirebon), PT. Paloh Singkawang Statbat (medan), Marunda Industrial Park (Jakarta), PT. Spektrum Krisindo Elektri (Jakarta), PT. Mayora (tanggerang), PT. Tameng Sari Indah (Pekanbaru), PT PLN (Jakarta), PT Trio Jaya Tunggal (Jakarta), PT Karura (Jakarta), PT. P&I (Tangerang), PT Patra SK (Jakarta), CV. Ricon Surya Abadi (Tanjung Enim), PT. Multi Superindo Manunggal (Jakarta) dan lain sebagainya.

      2.2 Struktur Organisasi Institusi





           Tugas setiap Bagian:
  1. Direktur Utama: Memantau dan mengkordinasi jalan nya semua kegiatan perusahaan
  2. Sekretaris: Melayani direktur utama dalam hal-hal administrasi
  3. Staff Engineering : Memantau dan mengkordinasi semua bagian pekerja pembuatan alat   berat
  4. Staff Administrasi: Menjalankan administrasi perusahaan
  5. Staff Keungan: Memantau dan menghitung  keuangan perusahaan
  6. Staff Pemasaran: Memasarkan produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar