Salah satu strategi yang sudah dijalankan
masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau
eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri
adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada
konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.sebagian besar
pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli
suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari.
Tak heran bila saat ini perkembangan
bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket,
hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan
Hero banyak dicari para konsumen.Suatu produk tidak akan dibeli
bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya,
dimana produk dapat diperoJeh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang
menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang
jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:
- Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
- Memberitahukan kegunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta cara penggunaanya.
- Memperkenalkan barang atau jasa baru.
Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi
perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat
memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan
keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia
dengan besarnya manfaat yang diperoleh kegiatan promosi yang dijalankun
perusahaan. Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis,
yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan
antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai
peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada
bidang pemasaran khususnya.
Tingginya permintaan pasar akan produk
retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut
untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah,
namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin
terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk
memenangkan pasar :
- Tentukan target pasar. Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.
- Ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.
- Pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.
- Cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untuk memasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.
- Berikan pelayanan prima kepada konsumen. Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen.
b. Ritel Kredit
Kredit Ritel adalah kedit yang
pelayanannya dilakukan melalui prakarsa oleh kancapem, kanca atau kanwil yang
dapat diputus tingkat kancapem, kanca atau kanwil. Besar kredit yang ditangani
adalah sampai dengan 5 milyard Pedoman BRI.
Adapun menurut Pedoman Pelaksanaan Kredit Bisnis Ritel (PPK BISNIS RITEL
BRI) 2001 mendefinisikan Kredit Ritel adalah kredit dengan total exposure
(individual maupun group) sampai dengan Rp. 5 Milyar baik direct maupun contingent
untuk kegiatan usaha yang produktif dan atau konsumtif, kecuali kredit program,
kupedes dan kredit yang disalurkan oleh unit kerja BRI di luar negeri.
Sasaran Kredit Ritel adalah mengembangkan
portofolio kredit ritel yang sehat dan menguntungkan melalui pemberian kredit
yang memperhatikan asas kehati-hatian dengan memfokuskan pada segmen pasar
ritel, serta memberikan pelayanan produk yang sesuai dengan kebutuhan peminjam
atau calon peminjam.
Pembagian Kredit Ritel Menurut Tujuan Penggunaannya
Adapun pembagian kredit ritel menurut tujuan penggunaannya adalah
1. Kredit Modal Kerja (KMK)
Kredit modal kerja merupakan
fasilitas kredit dipergunakan untuk membiayai kebutuhan untuk membiayai
kebutuhan modal kerja perusahaan atau perseorangan yang umumnya berjangka waktu
pendek (misalnya : 1(satu) tahun maksimal 3 (tiga) tahun). Antara lain sebagai
berikut:
1. Kredit modal kerja lokal
2. Kredit modal kerja ekspor
3. Kredit modal kerja impor
2. Kredit Investasi (KI)
Kredit investasi merupakan fasilitas kredit yang
diajukan untuk pembiayaan sktiva tetap dan jangka waktunya umumnya jangka
panjang (misalnya : 1 (satu) tahun, umumnya sampai dengan 5 (lima) tahun atau
lebih tergantung masa investasi). Antara lain sebagai berikut :
1. Kredit investasi lokal
2. Kredit investasi impor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar